Sunday, December 3, 2017

Al-Hikam Kalam Hikmah (Tiga Belas) Oleh Abi Syamrizal S.Ag




Mudi Lampuuk-Al-Hikam Kalam Hikmah

كيف يشرق قلب، وصور الأكوان فى مرآته
أم كيف يرحل إلى الله وهو مكبل بشهواته

Bagaimana bisa hati itu memancarkan cahaya Ilahi, padahal bayang-bayang akwan (makhluk-makhluk atau alam semesta) masih menyelimuti dalam hatinya. 
Atau bagaimana bisa dikatakan hatinya telah berjalan kepada Rabbi, padahal gudang nafsu duniawi masih bersarang, berkarang dan berkarat dalam hatinya.

SAYA MEMAHAMI

Allah Swt yaitu Dzat Al-Wajibil Wujud adalah Tanzih Mahdhah (Dia Nya dan Nur diri Nya adalah suci semata-mata)

Diri Nya dan nur diri Nya yang maha suci itu, akan mencari dan mengambil tempat dihati hamba-hambanya yang suci, yaitu hati yang kosong dari kemauan, keinginan dan kerinduan selain diri-nya,

Maka sejauh dan sedalam apapun tentang ilmu hakikat dan makrifat yang sering diutarakan oleh kebanyakan orang, terkadang masih menjadi penghijab hatinya yang belum suci untuk mendapatkan Nur-Nya yang maha suci, apalagi kalau yang dibicarakan itu hanya ilmu syari'at dan thariqat saja, yang demikian menjadikan hatinya belum kosong dari pada merasa memiliki ilmunya sendiri. Atau bisa juga hal yang demikian dapat menghilangkan Nur-Nya yg telah Allah ilhamkan kepadanya, karna telah hilang khidmat, hilang adab, hilang pemeliharaan rahasia Nur-Nya yang Allah ilhamkan padanya.

Oleh sebab itu sebaiknya jadikan diri kita lebih dari pada yang sedang dan yang akan kita bicarakan tentang alam nasyut, malakut, jabbarut dan alam lahut, tentang takhalli, tahalli dan tajalli, yang demikian supaya menambahkan khidmat, beradab, ta'dhim kita atas karunia ilmu Allah, atas rasa hudhur masyu' dalam hadharah-Nya dan atas tenggelam bersama Nur limpahan-Nya kedalam hati kita.

Hendaklah kita pahamilah bahwa tuntutan Allah pada kita adalah kosong hati kita dari selain-Nya, lepas hati dari gudang duniawi, dari belanggu dan rantai-rantai nafsu yang bersarang, berkarang dan berkarat dihati kita, menyebabkan kita jauh dengan Allah, jauh dari Rahmat-Nya, jauh dari melihat Kasih sayang-Nya. Allah menanti dan mengharap kita untuk kita kembali kepada-Nya, duduk bersama-Nya dalam bentuk apapun yang sa'at ini kita didalamnya.

Ya Allah mampukah aku memahami Mu dengan ilmu ku? tidak! melainkan dengan Ilham Mu. ya Allah mampukah aku selalu rindu pada Mu? Tidak! melainkan Engkau rindu padaku, ya Allah mampu hatiku tengelam dengan nur jalal dan jamal Mu? Tidak! melainkan Nur jalal dan jamal Mu menenggelamkan aku hanyut kehadharah Mu.

Waallhu bisshawab wailaihi al-maab.






0 komentar:

Post a Comment

~ Terimaksih telah berkunjung ke blog kami
~ Silahkan saudara komentar dengan kata-kata yang sopan dan santun
~ Komentar yang tidak wajar akan kami hapus
~ Mohon kritik dan sarannya untuk kemajuan blog ini
~ Wassalam...

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html