Sunday, December 3, 2017

Al-Hikam Kalam Hikmah (Dua Belas) Oleh Abi Syamrizal S.Ag




Mudi Lampuuk-Al-Hikam Kalam Hikmah

مانفع القلب شيء مثل العزلة يدخل بها ميدان الفكرة

Tiada suatu apapun yang bermanfaat bagi hati (untuk mengobatinya), seumpama mamfaat yang diperoleh dari uzlah (kesembuhan dari mengasingkan diri) yang membuat seseorang dapat masuk kedalam alam hakikat.

SAYA MEMAHAMI

Hati manusia tidak pernah sunyi dari rasa ketidak cukupan dari pada yang telah dimiliki dan terus berkeinginan untuk memperoleh yang belum ia miliki, yang demikian adalah penyakit didalam hati, yang tidak mampan diobati dengan membaca kitab dan buku saja, juga tidak mampan dengan ilmu dan amal syariat saja, tidak cukup dengan mengikuti pengajian dan mendengar ceramah saja, melainkan dengan beruzlah (mengasingkan diri) untuk mengosongkan hatinya dari pada keinginan-keinginan selain Allah Swt.

Selama seseorang tidak melakukan uzlah (mengasingkan diri) untuk mengobati hatinya dari penyakit tersebut, maka selama itu pula ia berjalan dengan tabiat buruknya, dengan sifat jahatnya dan dengan nafsu-nafsu yang tidak pernah habis-habisnya didalam hatinya yangg membuatnya tidak cukup dan tidak puas dengan yang telah dimiliki dan jiwanya tidak pernah beristirahat dengan apa yang ingin ia miliki.

Keberadaan yang demikian jadilah hidup tidak pernah menikmati, jadilah hati gelab dari cahaya ilahi, jadilah jiwa terbelanggu dengan rantai-rantai nafsu duniawi, hilanglah tujuan utama dari hidupnya, hilanglah akhirat tempat kembalinya. hilang Allah dalam ingatan hatinya, hilang Allah pada sebutan lisannya, hilang Allah dalam tafakkur akalnya dan hilanglah tubuhnya dari bersimpuh dihadapan Nya.

Uzlah adalah mengasingkan diri dengan tubuh, dengan hati dan dengan keduanya (tubuh dan hati) dari manusia dan dari kelalailan-kelalaian duniawi yang tiada ujungnya. Uzlah juga diartikan berkhalwat, bersuluk untuk mengosongkan hati dari keinginan selain Allah Swt dengan bimbingan seorang guru yang sufi, al-mursyid yang ahli ilmu syariat, thariqat, hakikat dan ma'rifat. Maka dengan uzlah tersebut Insyaallah hati akan terobati dari pada ketidakcukupan, akan senang dan ikhlas dalam apapun yang saat ini kita berada didalamnya.

Syairku (Oleh Abi Syamrizal Basyah)
Nafsu itu tak pernah sunyi
Ia bersifat ingin mencari
Mencari apa? mencari yang asli
Yangg asli itu tak ditemui.

Waallhu bisshawab wailaihil maaab.






0 komentar:

Post a Comment

~ Terimaksih telah berkunjung ke blog kami
~ Silahkan saudara komentar dengan kata-kata yang sopan dan santun
~ Komentar yang tidak wajar akan kami hapus
~ Mohon kritik dan sarannya untuk kemajuan blog ini
~ Wassalam...

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html