Sunday, December 3, 2017

Al-Hikam Kalam Hikmah (Sembilan) Oleh Abi Syamrizal S.Ag




Mudi Lampuuk-Al-Hikam kalam hikmah

تنوعت أجناس الأعمال، لتنوع واردات الأحوال.

Bermacam ragam bentuk amal-amal itu, karna bermacam ragam warid-warid yang Allah datangkan kepada hamba-hamba Nya.

SAYA MEMAHAMI

AMAl: adalah satu kekuatan yang dengan kekuatan tersebut kita mampu berbuat ta'at kepada Allah Swt.

Amal-amal itu tiada terbatas banyaknya, baik amal yang bersifat perentah maupun amal yang bersifat larangan, baik amal yang bersifat duniawi maupun amal yang bersifat ukhrawi.

Kaya miskin, sakit sehat, suka duka, berusaha dan berdoa, dan lain-lain, semua itu juga termasuk amal, selama dengan keadaan tersebut kita mampu berbuat ta'at kepada Allah Swt.

WARIDAT: adalah sesuatu yang Allah datangkan kedalam hati yang terdiri dari ma'rif rabbaniyyah dan asrari ruhaniyyah (pengenalan tentang Allah dan pengenalan tentang rahasia yang halus -halus dibalik amal kita.

Salah satu tujuan dari pada amal adalah usaha syar'i untuk mendapatkan waridat -waridat, yaitu memahami Allah dan hikmah Allah dibalik amal kita yang Allah takdirkan. Juga untuk memahami diri sendiri yaitu hidup adalah pemberian Allah berbentuk kasih sayang Nya, perjalanan hidup adalah suatu perjumpaan yaitu berjumpa dengan suatu keadaan yang sa'at ini kita berada didalamnya,

Seseorang yang berjumpa dengan kekayaan atau kemiskinan, taatlah kpd Nya dengan kemurahan dan kesabaran, seseorang yang berjumpa dengan apapun yang saat ini ia berjumpa bawalah kepada amal yg bisa membawa kita kepada Allah Swt.

Wallah Asshawab, wailaihi maab!






0 komentar:

Post a Comment

~ Terimaksih telah berkunjung ke blog kami
~ Silahkan saudara komentar dengan kata-kata yang sopan dan santun
~ Komentar yang tidak wajar akan kami hapus
~ Mohon kritik dan sarannya untuk kemajuan blog ini
~ Wassalam...

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html