Sunday, December 3, 2017

Al-Hikam Kalam Hikmah (Sebelas) Oleh Abi Syamrizal S.Ag




Mudi Lampuuk- Al-Hikam, kalam hikmah

أدفن وجودك فى الأرض الخمول، فما نبت ممالم يدفن لم يتم نجاته

Tanamkanlah wujudmu (amal mu) dalam bumi yang subur. Barang yang tumbuh dengan tidak ditanam, tidak akan tumbuh dengan suburnya

SAYA MEMAHAMI

Ikhlas merupakan rukh dari pada amal, amal dengan tanpa ikhlas bagaikan jasad tanpa bernyawa yaitu bangkai. Atau amal tanpa ikhlas bagaikan tanaman tumbuh tanpa ditanam, ia tidak tumbuh dengan suburnya.

Amal-amal itu bagaikan tanaman, ikhlas beramal bagaikan tanah yang subur. Maka keberadaan amal dengan wujud ikhlasnya, bagai tananam tumbuh diatas tanah yang subur,

Fiqih hanya melihat amal dan perintah saja, Tasauf melihat amal, perintah dan kasih sayang Allah yaitu (sang pemilik amal dan perintah). Melakukan amal dengan melihat perintah saja, tidak menafikan rasa lelah, jenuh, bosan dan sedikit rasa terpaksa ketika ia mengerjakan amal. Mengerjakan amal dengan melihat Kasih sayang Allah, akan menjadikan dirinya ikhlas, khidmat, ta'dhim, ikhlas dan selalu berakhlak mulia dengan Allah dan dengan sesama manusia.

Contoh: ketika anak melihat perintah ayah, ketika ayah menyuruhnya, maka pekerjaan itu sangat lelah, capek, bosan dan sedikit rasa terpaksa ia lakukan, maka anak itu tidak ikhlas, ia tidak berakhlak, ia mampu patuh tapi ia tidak mampu taa't.

Ketika anak bisa melihat Kasih sayang ayah kepadanya, yang selalu memberinya, mendidiknya, mengobatinya dan lain-lain, maka tanpa diperintah ia akan membantu ayahnya dengan ikhlas. Ia berakhlak, ia ikhlas dan ia patuh dan taat dengan sepenuh hati.

Lalai dengan amal atau perintah saja sama seperti orang lalai dengan ni'mat saja, melupakan atau tidak terlihat kasih sayang sang pemberi ni'mat yaitu Allah Swt, yang demikian dapat menghilangkan ikhlas. Apalagi kalau beramal hanya menuntut upah atau memintaku ini dan itu kepada Nya, itu sama dengan menuduh Nya tidak pernah memberi.

Wallahu bisshawab






0 komentar:

Post a Comment

~ Terimaksih telah berkunjung ke blog kami
~ Silahkan saudara komentar dengan kata-kata yang sopan dan santun
~ Komentar yang tidak wajar akan kami hapus
~ Mohon kritik dan sarannya untuk kemajuan blog ini
~ Wassalam...

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html