Sunday, December 3, 2017

Al-Hikam Kalam Hikmah (Delapan) Oleh Abi Syamrizal S.Ag




Mudi Lampuuk-Al-Hikam kalam hikmah

إذا فتح لك وجهة من التعريف فلا تبال معها وإن قل عملك. فإنه مافتحها لك إلا و هو يريد أن يتعرف إليك. ألم تعلم أن التعريف هو موروده عليه، والأعمال أنت مهديها إليه، وأين مانهديه إليه مما هو موروده عليك.

Apabila Allah membukakan akan mata hatimu kepada suatu jalan mengenal Nya, maka tidak terbatasi diri engkau untuk bisa bersama Nya, walau sedikit amalmu sekalipun. 
Karena Allah tidak membukakan jalan tersebut melainkan Allah sendiri menginginkan supaya engkau dekat dengan Nya.

Adakah tidak engkau ketahui bahwa mengenal Allah (ma'rifah) adalah semata-mata Allah ilhamkan kepadamu bukan dari sebab amalmu atau sebab lainnya. 
Sedangkan amal yang engkau persembahkan kepada Nya adalah dari sebuah sebab, karna dan illat yg bersal darimu atau dari lainnya. Maka bagaimana bisa amal yang berasal dari sebuah sebab membatasi kemauan Allah yg mengajak engkau bersamanya (ma'rifah) dengan cara Ilham yg semata-mata yang allah datangkan tanpa adanya penyebab.

SAYA MEMAHAMI.

Ilmu dan amal Islam, adalah kita selalu berada pada taklif yaitu berusaha mencari dan mengamalkan dengan baik. Ilmu dan amal iman, adalah kita selalu berada pada takhfidh yaitu memelihara dari yang merusakkan. Ilmu dan amal ikhsan, adalah kita selalu berada pada azal dan fadhal yaitu kita berpegang pada azali Allah, yang kita dapat dan kita amal limpahan dari karunia Allah.

Ilmu dan amal Islam masih bisa menjadikan kita riya, u'nub dan bersifat tinggi. Ilmu dan amal iman akan menjadikan kita ikhlas, khidmat dan bersifat merendah. Ilmu dan amal ikhsan akan menjadikan kita kepa rendah dibawah rendah, yaitu menyampaikan kita kepada titik kita yaitu la khaula wala quwwata illa billah.

Diantara kalam para wali Allah adalah :
Ya Allah! Semula aku menyangka bahwa aku yang beramal.... Rupanya bukan.... Hanya Engkau yg beramal. 
Semula aku menyangka bahwa aku mencari Mu.... Rupanya bukan.... Hanya Engkau mencariku. Semula aku menyangka bahwa aku cinta pada Mu... Rupanya bukan... Hanya Engkau yang mencintaiku. Semula aku menyangka bahwa aku dekat dengan Mu... Rupanya bukan... Hanya Engkau yang dekat denganku. Semula aku menyangka bahwa diriku mengenal Mu... Rupanya bukan.... Hanya Engkau yang mengenalku... Ampuni kami Allah Ya Rabb..

Wallhu bisshawab, wailaihi al-maab.






0 komentar:

Post a Comment

~ Terimaksih telah berkunjung ke blog kami
~ Silahkan saudara komentar dengan kata-kata yang sopan dan santun
~ Komentar yang tidak wajar akan kami hapus
~ Mohon kritik dan sarannya untuk kemajuan blog ini
~ Wassalam...

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html