Sunday, December 3, 2017

Al-Hikam Kalam Hikmah (Empat Belas) Oleh Abi Syamrizal S.Ag




Mudi Lampuuk-Al-Hikam Kalam Hikmah

أم كيف يطمع أن يدخل حضرة الله، وهو لم يطهر من جناب غفلته. 
أم كيف يرجو أن يفهم دقائق الأسرار، وهو لم يتب من هفواته

Atau bagaimana bisa ia masuk kedalam hadzarah Ilahi yang maha suci, padahal hati dirinya belum suci dari pada najis-najis kelalaian duniawi.

Atau bagaimana bisa ia pahami akan kehalusan rahasia-rahasia Ilahi yang maha mulia, padahal hati dirinya belum bertaubat dari pada kegelinciran bintikan-bintikan dosa.

SAYA MEMAHAMI

Disamping Allah menginginkan hati kita kosong dari kemauan dan keinginan kepada selain diri Nya, Allah menginginkan juga bahwa diri kita selalu berada didalam hadharah Nya, selalu bersama Nya dan memandang kepada Nya.

HADHARAH. 
Keberadaan seseorang yg berada dalam hadharah Allah adalah! Ia merasakan dengan zuq hatinya bahwa dirinya, perjalanannya berlalu, berlaku selalu dibawah qudrah Allah Swt. Merasa Allah memandang atas dirinya, dirinya hanyut dalam pandangan Allah, tidak pernah terkelip pandangan hatinya kepada selain Allah.

Maka bagaimana bisa seseorang dapat masuk kedalam hadharah Allah yang maha suci, sementara hatinya masih berlumur dengan najis-najis nafsu dan gudang-gudang duniawi.

RAHASIA HALUS
Seseorang yang memahami kehalusan rahasia Allah adalah! Ia merasakan dengan zuq hatinya akan rahasia dari alam nasyut, alam malakut, alam jabarut dan alam lahut, yang demikian berujung kepada hilangnya keinginan, hilangnya kelubaan dan hilangnya kasih sayang untuk ingin memiliki kepada alam dunia yang fana ini. Ia merasa cukup dengan apa yang Allah berikan didunia ini, ikhlas dan senang dalam keadaan apapun yang sa'at ini ia didalamnya.

Maka bagaimana bisa seseorang bisa masuk kedalam alam rahasia yang penuh nikmat dan indah, tempat untuk berjaga, sementara hatinya belum taubat dan belum suci dari benih-benih dosa dan dari dunia, sebagai tempat lupa dan alam fana.

Wallahu bisshawab wailaihi al-maab. 






0 komentar:

Post a Comment

~ Terimaksih telah berkunjung ke blog kami
~ Silahkan saudara komentar dengan kata-kata yang sopan dan santun
~ Komentar yang tidak wajar akan kami hapus
~ Mohon kritik dan sarannya untuk kemajuan blog ini
~ Wassalam...

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html