Tuesday, November 28, 2017

Manfaat Sujud Yang Belum Kita Ketahui Dalam Shalat



Kid Jaman Now
Mudi Lampuuk - Sujud merupakan salah satu rukun wajib shalat, jika kita melaksanakan ibadah shalat tanpa sujud maka shalat kita tidak akan sah. Sujud dalam ibadah shalat melibatkan 5 anggota badan yang melekat pada bumi (bumi yang di maksud disini adalah tempat sujud) yaitu: 
  • dahi
  • hidung
  • kedua telapak tangan
  • lutut 
  • kedua ujung jari kaki
Sujud adalah konsep yang bisa di simpulkan sebagai berikut:
  • merendahkan diri kepada Sang pencipta yaitu Allah Swt (arti merendahkan diri adalah merasa hina dan tak berdaya di hadapan Allah Swt, semua pekerjaan yang kita lakukan mutlak karena kudrah dan iradah-Nya) 
  • memuji Allah Swt karena dengan kehendak Allah lah kita masih dapat merasakan hidup sampai saat ini, dan
  • memohon segala macam hajat kepada Allah swt, artinya dalam sujud sudah sepatutnya kita meminta, memohon, dan berdoa kepada-Nya, karena salah satu tempat terkabulnya doa adalah saat sujud
Dengan sujud maka akan mengikit atau mengurangi sifat-sifat tercela seperti sombong, riya', ujub, takabur, sifat cinta dunia dan lain-lain. 

Seorang dokter yang telah menjadi muallaf yaitu Dr Fidelma O'Leary, Phd Neuroscience dari St Edward's University, karena mendapati fakta tentang manfaat sujud bagi kesehatan.
Dalam kajiannya ditemukan bahwa ada beberapa urat saraf yang ada dalam otak manusia yang tidak dapat dimasuki darah dan urat ini hanya dimasuki darah ketika manusia bersujud (Subhanallah) 

Tetapi urat saraf ini hanya memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja, yaitu pada waktu-waktu shalat yang telah ditetapkan syara' yaitu subuh, zuhur, asar, maghrib dan Isya'.

Jadi dapat di simpulkan, bahwa barang siapa yang tidak shalat maka urat ini tidak menerima darah sehingga otaknya tidak berfungsi secara normal dan daya pikirnya pun juga melemah. 
Posisi otak terletak di atas jantung, maka kata Prof Hembing, jantung hanya mampu menyalurkan 20% darah ke otak manusia, maka perlu dibantu lagi dengan sujud yang lebih lama agar dapat menambah kekuatan aliran darah ke otak.

Dan ternyata hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan Rasulullah saw jauh masa sebelumnya supaya kita untuk memperpanjang (berdo) dalam sujud

Seperti disebutkan dalam sebuah hadits,

أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ

“Yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika ia sujud, maka perbanyaklah do’a ketika itu.” (HR. Muslim no. 482, dari Abu Hurairah)

Manfaat sujud berlama-lama ini adalah untuk:
1. Mencegah pening
2. Terhindar dari migrain
3. Menyegarkan otak
4. Menajamkan akal dan pikiran sehingga lebih peka
5. Melancarkan sistem pernafasan
6. Memperbaiki kandung rahim yang turun bagi wanita
7. Menjaga dan menguatkan kedudukan bayi dalam kandungan sang ibu, maka wanita hamil sangat di anjurkan untuk sujud
8. Menghindarkan kandungan sungsang dan masih banyak lainnya yang belum kita ketahui hikmahnya

Wallahua'lam... 
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman lainnya.





0 komentar:

Post a Comment

~ Terimaksih telah berkunjung ke blog kami
~ Silahkan saudara komentar dengan kata-kata yang sopan dan santun
~ Komentar yang tidak wajar akan kami hapus
~ Mohon kritik dan sarannya untuk kemajuan blog ini
~ Wassalam...

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html