Tuesday, November 28, 2017

Al-Hikam Kalam Hikmah (Lima) Oleh Abi Syamrizal S.Ag




Mudi Lampuuk- Al-hikam kalam hikmah

إرادتك التجريد مع إقامة الله إياك فى الأسباب من الشهوة الخفية. وإرادتك فى الأسباب مع إقامة الله إياك فى التجريد إنحاط عن الهمة العلية. 
Keinginan mu kepada tajrid (tidak berusaha), sedangkan Allah berkeinginan kepada mu dalam asbab (harus berusaha), maka menunjukkan bahwa masih banyak nafsu yang bersembunyi dalam hatimu. 

Sebaliknya keinginanmu kepada asbab (berusaha), sedangkan keinginan Allah kepada mu didalam tajrid (jangan berusaha), maka menunjukkan bahwa engkau telah diturunkan Allah dari maqam yang tinggi kepada maqam yang paling rendah. 

Saya memahami bahwa sesuatu yg yang Allah berikan, adalah pilihan Allah yang paling terbaik untuk hamba-Nya. Ketika hati ikhlas dan mampu menerimanya maka barulah hidup ini baik, bisa menyebut Allah, bahagia dan tenang. 

Kefakiran dan kemiskinan yang Allah berikan adalah guru untuk belajar menerima. Cobaan, bala dan musibah adalah guru untuk belajar kesabaran. Nikmat, ilmu, amal, harta dan jabatan adalah guru untuk belajar bersyukur. Syukur adalah tidak mendatangkan murka Allah dengan apapun yang ia miliki.

Wallahua'lam...





0 komentar:

Post a Comment

~ Terimaksih telah berkunjung ke blog kami
~ Silahkan saudara komentar dengan kata-kata yang sopan dan santun
~ Komentar yang tidak wajar akan kami hapus
~ Mohon kritik dan sarannya untuk kemajuan blog ini
~ Wassalam...

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html