Sunday, November 19, 2017

Al-Hikam Kalam Hikmah (Dua) Oleh Abi Syamrizal S.Ag




Al-Hikam kalam hikmah أرح نفسك من التدبير، فما قام به غيرك عنك لاتقم به لنفسك Istirahatlah jiwamu dari pada tadbir (banyak kerisauan, kecemasan dan kegundahan). Karna apa yang telah diusahakan kepadamu selama ini oleh selainmu (Allah swt). Engkau sendiri tidak mampu mengusahakan.

Kita tidak perlu risau, cemas, gundah tentang rezeki, masa depan, dan lain-lain, baik untuk kita, anak kita, istri kita dan lain-lain, mengapa? Karna selama ini apapun yg kita miliki, dalam keadaan bagaimanapun kita berada, kita sendiri tidak mampu mengusahakan, hanya Allah yang memberikan semua itu dengan semata-mata kasih sayang Nya, bukan karna usaha yang kita lakukan. Maka duduklah bersama Allah dengan tenang, ikhlas, menerima kehidupan ini dengan apa adanya dan keadaan apapun yang saat ini kita didalamnya. Ketahuilah hidup ini bukan untuk merubah takdir, tetapi hidup ini adalah untuk menerima takdir. 

Tadbir artinya berpikir bagaimana nanti...seharusnya begini, begitu.....ini bagaimana..... Itu bagaimana... Tadbir seperti ini akan membuat jiwa kita risae, gundah, cemas yg ujung ujungnya membuat jiwa kita tidak pernah menikmati dan tenang dibalik kehadiran wujud kita didunia ini. 

Saudaraku, Bukan sebab besar kecilnya masalah yang membuat kita risau, gundah dan cemas, tapi sangat tergantung kepada besar kecilnya pengertian hidup yang membuat kita tenang dan ikhlas.





0 komentar:

Post a Comment

~ Terimaksih telah berkunjung ke blog kami
~ Silahkan saudara komentar dengan kata-kata yang sopan dan santun
~ Komentar yang tidak wajar akan kami hapus
~ Mohon kritik dan sarannya untuk kemajuan blog ini
~ Wassalam...

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html