Monday, November 27, 2017

Al-Hikam Kalam Hikmah (Tiga) Oleh Abi Syamrizal S.Ag




Mudi Lampuuk- Al-Hikam, kalam hikmah 
من علامة الإعتماد على العمل، نقصان الرجاء عند وجود الزلل. 
Diantara tanda-tanda orang yang berpegang pada amal dirinya adalah kurang berani berharap/memohon sesuatu kepada Allah tatkala merasa dirinya ada kesalahan. 

Beramal yang benar adalah didasari oleh keikhlasan yang benar dalam hatinya. Untuk mendapat keikhlasan yang benar adalah dengan melihat keikhlasan Allah yang selalu memberikan sesuatu kepada hamba-Nya, bukan karena imbalan dari amalnya, melainkan semata mata kasih-sayangNya kepada hamba-Nya . Bila kita mampu beramal seperti demikian maka jadilah kita orang yg berpegang pada Allah, tidak berpegang kepada amalnya. 

Sebaiknya orang yg berpegang pada amalnya, ia melihat setiap amal ada upahnya, ketika ada amal dan banyak amal, maka beranilah ia meminta kepada Allah karna menagih upahnya. Ketika tidak ada amal atau sedikit amal maka kuranglah rasa keberaniannya meminta kepada Allah. Orang tersebut tidak berakhlak dengan Allah. Kalau dengan Allah saja tidak bisa berakhlak, maka bagaimana ia berakhlak dengan selain-Nya.

Wallahua'lam...





0 komentar:

Post a Comment

~ Terimaksih telah berkunjung ke blog kami
~ Silahkan saudara komentar dengan kata-kata yang sopan dan santun
~ Komentar yang tidak wajar akan kami hapus
~ Mohon kritik dan sarannya untuk kemajuan blog ini
~ Wassalam...

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html