Tuesday, November 28, 2017

Al-Hikam Kalam Hikmah (Tujuh) Oleh Abi Syamrizal S.Ag




Mudi Lampuuk-Al-hikam kalam hikmah

الأعمال صورة قائمة، وأرواحها وجود سر الإخلاص فيها. 

Amal-amal itu bagaikan tubuh yang berbentuk rupa-rupa. Wujud rahasia ikhlas dalam beramal bagaikan rukh atau nyawa didalam tubuh. 

Saya memahami :
Sebagaimana keberadaan tubuh dengan tanpa rukh atau nyawa adalah bangkai, maka demikian juga keberadaan amal dengan tanpa ikhlas adalah sia-sia. 

Manusia adalah makhluk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lainnya daripada semua ciptaan Allah Swt, karna manusia memiliki dua tubuh secara bersamaan yaitu jasmani dan ruhani yang tidak dimiliki oleh selain mereka. 

Ingat! Walaupun manusia telah sangat sempurna pada ciptaan, namun keberadaan manusia tetap selalu dalam kelemahan dan kekurangan, yang membutuhkan kepada bimbingan yang tepat, yang dapat mengantarkan mereka kepada kebahagiaan dunia dan akhirat, karna kebahagiaan adalah satu-satunya impian dan harapan semua manusia. 

Untuk mendapatkan kebahagiaan yang mereka impikan tersebut. Allah Swt perlu menguji manusia dengan berbagai ujian dan cobaan, tujuan dari ujian dan cobaan tersebut agar manusia memahami 4 makna, yaitu:
1. makna cobaan, 
2. makna agama, 
3. makna hidup dan 
4. makna keadaan yg saat ini ia berada dalam keadaan tersebut. 

Keeempat - empat makna tersebut datang dari zdat yg tidak mendhalimi seseorang yaitu Allah Swt. 
1. Makna cobaan: adalah sesuatu yang mulia untuk membentuk manusia menjadi pribadi yang baik dan dewasa dalam menyingkapi berbagi persoalan dalam hidupnya. 

2. Makna agama Islam: adalah pihak yang mampu dan yangg dapat mengatatasi semua persoalan manusia yang sedang ia jalani melalui ajaran iman. 

3. Makna hidup: adalah sesuatu yang diinginkan oleh zdat yang Maha Agung dan Maha mulia yaitu Allah Swt, karna cinta-Nya dan suka-Nya kepada manusia agar manusia hadhir diatas dunia ini. 

4. Makna keadaan : adalah suatu pemberian yang tiada tara bandingannya yang berbentuk kasih sayang Nya. Walau mata dhahir memandang dirinya fakir, miskin dan lain-lain adalah kekurangan, tetapi mata bathin melihatnya adalah kelebihan yang datang dari pada kasih sayang Nya. 

Ketika manusia memahami hidupnya di inginkan, keadaannya yang saat ini ia didalamnya adalah disayangkan maka jadilah dirinya mulia, berharga dan senang, ketika dirinya merasa dimuliakan, dihargakan dan disayangkan Allah kepadanya, ketika itulah dia ikhlas dan bahagia. 

Ya Allah semakin aku pahami akan makna ini semakin aku ikhlas dan tenang. Alhamdulillah sebelum hikam ini hamba menulis, terlebih dulu dihari-hari akan datang mencoba memperluas makna yang 4 ini Insyaallah! Dan hamba faqir mohon maaf bukan menggurui. Wallhua'lam...





0 komentar:

Post a Comment

~ Terimaksih telah berkunjung ke blog kami
~ Silahkan saudara komentar dengan kata-kata yang sopan dan santun
~ Komentar yang tidak wajar akan kami hapus
~ Mohon kritik dan sarannya untuk kemajuan blog ini
~ Wassalam...

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html