Tuesday, December 15, 2015

Hal-Hal Yang Dapat Membinasakan Iman




Mudi Lampuuk- Pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan sedikit tentang hal- hal yang dapat membinasakan iman. Iman adalah percaya atau meyakini atau membenarkan.

Para imam dan ulama telah mendefinisikan istilah iman ini, antara lain, seperti diucapkan oleh Imam Ali bin Abi Talib: "Iman itu adalah ucapan dengan lidah dan kepercayaan yang benar dengan hati dan perbuatan dengan anggota." 

Aisyah r.a. berkata: "Iman kepada Allah itu mengakui dengan lisan dan membenarkan dengan hati dan mengerjakan dengan anggota." 

Imam al-Ghazali menguraikan makna iman: "Pengakuan dengan lidah (lisan) membenarkan pengakuan itu dengan hati dan mengamalkannya dengan rukun-rukun (anggota-anggota)."

Hal-hal yang dapat membinasakan iman ada 10 :
1. Menduakan Allah seperti i’tikaq sebagian daripada kaum Nasrani atau menigakannya seperti i’tikaq daripada kaum yang lain.

2. Mengekalkan (terus-menerus) mengerjakan segala pekerjaan yang jahat seperti berzina, mencuri, berjudi, mabuk-mabukan serta berkeyakinan hal tersebut adalah dibolehkan.

3. Membinasakan sesama makhluk secara zalim dan inaya seperti membunuh dan tidak menghiraukan syariat Islam.

4. Mengadakan perkelahian sesama Islam dengan sebab-sebab yang sedikit serta menaruhkan dendam di dalam hati lebih daripada tiga hari.

5. Meringan-ringankan segala syariat Islam yang telah diwajibkan oleh Allah dengan tidak memperdulikan dan tidak mengindahkannya.

6. Tiada takut akan kehilangan iman dengan mengerjakan segala pekerjaan yang menghilangkannya seperti kafir dan maksiat.

7. Membuat sesuatu perbuatan daripada segala tingkah laku dan lainnya yang menyerupai dengan perbuatan dan tingkah laku daripada orang kafir (yang diharamkan oleh syariat)

8. Berpakaian dengan pakaian yang dilarang pada agama yang membukakan aurat dan lainnya yang menyerupai pakaian daripada orang kafir.

9. Putus asa dari pada rahmat Allah karena sifat seperti yang demikian merupakan sifat orang yang telah sesat yang tidak yakin lagi kepada rahmat-Nya.

10. Memutus hubungan muka daripada menghadap ka’bah (kiblat) dengan sebab tidak mengerjakan sembahyang yang telah diwajibkan.


Sumber: 1. Kitab Imanuddin halaman 14
               2. Wikipedia





0 komentar:

Post a Comment

~ Terimaksih telah berkunjung ke blog kami
~ Silahkan saudara komentar dengan kata-kata yang sopan dan santun
~ Komentar yang tidak wajar akan kami hapus
~ Mohon kritik dan sarannya untuk kemajuan blog ini
~ Wassalam...

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html